Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasaman (SUMBAR)  - Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS meminta persoalan stunting (gagal tumbuh pada anak) dijadikan sebagai 'musuh bersama' semua elemen masyarakat yang ada di daerah ini.

"Dengan cara pandang dan sikap yang sama, diharapkan semua pihak memiiiki kepedulian yang sama pula," kata Wabup Sabar dalam sambutannya pada acara pertemuan diseminasi lintas program lintas sektor untuk publikasi data stunting di Lubuk Sikaping, Kamis (2/11/2023).

Selain dihadiri sejumlah stake holder terkait di lingkup Pemkab Pasaman, juga tampak hadir perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dan Dakhlan Choeron SKM MKM dari Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Diakui Wabup Sabar, untuk kondisi terakhir angka stunting di Pasaman masih tergolong tinggi, yaitu mencapai 28,9 persen. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan angka stunting hanya tersisa 14 persen saja.

Kendati demikian, menurut Wabup Sabar, kalau semua pihak sudah satu persepsi dalam memandang dan menangani persoalan stunting, ia yakin pada tahun 2024 mendatang ditargetkan akan tersisa 20 persen lagi.

"Sisa enam persen lagi sebagaimana yang diharapkan Bapak Presiden Jokowi, saya yakin pada waktunya akan bisa dicapai," tambah mantan anggota DPRD Sumbar itu.

Kuncinya, menurut Sabar, semua pihak di Pasaman harus punya persepsi dan sikap yang sama dalam memandang persoalan stunting. Persepsi dan sikap yang sama itu, menurutnya, antara lain dengan menempatkan persoalan stunting sebagai 'musuh bersama.'

Dengan cara seperti itu, menurut Sabar, pada gilirannya semua elemen ikut ambil bagian dalam penanganan stunting. OPD terkait satu misal, menurut Sabar, akan melakukan action yang diperlukan untuk menekan angka stunting.

"Termasuk pemerintahan kecamatan dan pemerintahan nagari akan ikut ambil bagian sesuai dengan kompetensi yang dimiliki," ujarnya. Apalagi pemerintahan nagari, kata Sabar, merupakan ujung tombak pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Tidak terkecuali, menurut Wabup Sabar, masyarakat juga akan ikut ambil bagian dalam penanganan stunting. "Kalau sudah demikian halnya, Pasaman yang bebas stunting akan bisa diwujudkan pada waktunya," kata Wabup Sabar.

 #hp/spa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835