Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews  | Jakarta, GN AURA Korwil Sumatera Raya di bawah Komando Dr H Misri Hasanto,M.Kes mengajak agar Siswa/Santri dan Mahasiswa untuk bisa mengembangkan Minat & Bakatnya sebagai seorang Pengusaha yang Profesional melalui Program StudentPreneur Bootcamp 5.0 yang digagas bersama Micra Indonesia, The Wijaya Institute, & GN AURA Korwil Sumatera. Seminar diselenggarakan secara Virtual tanggal 15 Desember 2023, jam 13.30 Wib sampai Selesai. Saat ini peserta telah mendaftar lebih dari 100 orang yang terdiri dari Pimpinan Perguruan Tinggi, Akademisi, Pengelola Pondok Pesantren, Kepala Sekolah, Dosen, Guru, Mahasiswa, Siswa, Santri dan Pelaku UMKM dari berbagai Daerah/Kota se-Indonesia, ujar Penyelenggara Seminar Dr H Misri.

Lulusan Perguruan Tinggi di berbagai Kampus dan Universitas di Indonesia, setelah menerima gelar Sarjananya justru banyak yang penganggur. Fenomena ini telah terjadi sejak puluhan tahun, tanpa ada evaluasi untuk mencari solusinya, sehingga pengangguran semakin menumpuk setiap tahunnya. Untuk mengatasi pengangguran intelektual ini, maka GN AURA Korwil Sumatera kerja sama dengan The Wijaya Institute dan Micra Indonesia (NGO Indonesia) menawarkan Solusi pada Kampus atau Universitas Negeri/Swasta, Sekolah SLTA, Madrasah, dan Pondok Pesantren agar bisa mencetak Siswa/Santri & Mahasiswanya menjadi Pengusaha yang mandiri setelah tamat di bangku pendidikannya, secara prinsip Lulusan StudentPreneur bisa menciptakan lapangan kerja baru, demikian dijelaskan oleh Dr H Misri Hasanto,M.Kes saat diwawancara Media.

Yang tampil sebagai Narasumber adalah Prof Dr HR Wijaya Ketua GN AURA DPW Sumatera Selatan, sekaligus mewakili The Wijaya Institute, dengan Tema : Peluang dan Tantangan Pengusaha Milenial di Era Distrupsi.

Narasumber selanjutnya Dr Moh Faishol Khusni,M.Pd berasal dari Micra Indonesia Menejer Regional Jawa Timur, dengan Tema : Program StudentPreneur Bootcamp 5.0 Melahirkan Siswa/Mahasiswa Pengusaha Profesional Berbasis Minat dan Bakat.

Program StudentPreneur adalah suatu Program terobosan bagi Siswa/Santri dan Mahasiswa untuk menjadi seorang Pengusaha profesional sesuai Minat dan Bakatnya masing-masing, tanpa mengganggu jadwal Pelajaran atau Perkuliahan yang bersangkutan melalui Pembelajaran dari Mentor yang kompeten di bidangnya. Program StudenPreneur ini berlangsung selama 12 bulan (satu tahun) dengan pendanaan dari Asia Affinity Holding dilaksanakan oleh Micra Indonesia.

Tahap awal kami akan melakukan sosialisasi melalui Seminar ini, selanjutnya akan ada MOU antara Micra Indonesia dengan Lembaga Pendidikan atau Organisasi yang kompeten. Untuk menelusuri Minat dan Bakat Siswa/Santri atau Mahasiswa akan dilakukan Asesmen tertutup, sehingga dapat dipetakan masing-masing Minat dan Bakat mereka, ujar M Hanafi.

Berdasarkan kelompok Minat dan Bakat Siswa/Santri atau Mahasiswa tersebut, Mentor akan mendampingi Siswa/Santri atau Mahasiswa secara Luring dan Daring, baik Teori maupun prakteknya. Praktek Kerja Lapangannya di Dalam dan Luar Negeri Nantinya. 

Setiap Peserta yang telah mengikuti Program StudentPreneur ini yang diawali dengan penelusuran minat dan bakat, lalu based on passion training, dan lanjutkan mentoring serta kuliah umum Nasional dan Internasional. Ujar Muhammad Hanafi Perwakilan Micra Indonesia untuk wilayah Sumatera. 

Ketua GN AURA DPW Sumatera Selatan Dr HR Wijaya, sekaligus ketua The Wijaya Institute menjelaskan bahwa kami telah banyak melakukan Sosialisasi Program StudentPreneur di beberapa Fakultas UIN Raden Fatah Palembang, yang diikuti lebih 1.000 mahasiswa, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan unsur pimpinan Fakultas lainnya. Kami akan membuat Pencanangan Cetak 2 juta Wira Usaha Milenial Profesional tanggal 20 Desember 2023 nanti di Transmark Palembang.

Di Provinsi Sumbar ada 12 (dua belas) Perguruan Tinggi Negeri dan swasta yang bersinergi dengan Micra Indonesia. Insya Allah awal tahun 2024, kita sudah mulai melakukan kerja sama (MOU & MOA) dengan banyak Perguruan Tinggi dan Sekolah di Sumatera. Di Provinsi Sumatera Utara banyak SMK yang telah bekerja sama dengan Micra Indonesia hingga bulan Desember 2023, ungkap M Hanafi.

# Zul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835