Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasaman (SUMBAR) -- Sebulan sudah jajaran TNI bekerja bersama masyarakat membangun fasilitas fisik maupun non fisik, hal tersebut terlihat dengan dilaksanakanya Penutupan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa)  ke 119 Makodim 0305 Pasaman di Kampung simpang Kuayan jorong Perdamaian Nagari Simpang Tonang Utara, rabu 20 maret 2024.

Apel upacara penutupan TMMD ke 119 tersebut di pimpin langsung oleh Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl, bertempat dihalaman Sekolah SD 29 simpang Kuayan, yang diikuti oleh Ratusan Prajurit TNI, Kepolisian Polres Pasaman, Tokoh masyarakat, Pemuda, Siswa sekolah setempat dan disaksikan ratusan masyarakat.
Turut hadir pada kegiatan tersebut,  Bupati Pasaman Sabar AS, Forkopinda Pasaman, Ketua Persit Korem 032/ Wirabraja, Pejabat korem 032/ Wirabraja, Kepala OPD Propinsi, Kepala OPD Pasaman, Camat Duo Koto, Wali Nagari Simpang Tonang Utara, Kepala Puskesmas setempat, Tokoh Masyarakat, kepala jorong Perdamaian. 

Pelakasanaan TMMD yang diselenggarakan tersebut dimulai sejak pembukaan tanggal 20  Februari 2024, melaksanakan beberapa kegiatan diantranya, Pelebaran jalan sepanjang 4.851 meter saat ini sudah selesai dikerjakan, Sementara untuk pembuatan saluran atau parit juga sudah rampung dilaksanakan.

Demikian juga dengan pembuatan plat Dulker di dua titik masing masing dengan volume 2 kali 6 meter juga sudah rampung keseluruhan, disamping itu juga telah diselesaikan pembuatan tembok penahan atau mortal sepanjang 50 meter, ungkap Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Putra Negara selaku dan satgas TMMD ke 119 Pasaman.
Putra Negara juga menambahkan, Demikian juga halnya dengan pembuatan gorong gorong dilakukan di 2 titik, masing masing dengan volume sebanyak 11 buah cincin, dan ditambah  pengerasan dengan sirtu sepanjang 4.591 meter.

Selain itu untuk sasaran tambahan seperti RTLH sebanyak 6 unit dari hasil kerjasama dengan Baznas Pasaman juga selesai dilaksanakan, demikian juga halnya dengan bak penampungan air bersih sudah bisa dimanfaatkan masyarakat, tambah Dandim.

Seperti halnya dengan penanganan stunting telah diberikan bantuan pangan sesuai dengan yang diharapkan,  ditanbah lagi dengan program hari pangan juga diberikan pembinaan pada kelopmpok tani setempat disertai dengan penanaman pohon produksi.

Guna memberikan pelayanan keagamaan, pihaknya juga telah membangun MCK pada masjid Nurul hidayah setempat, hal tersebut sangat berkaitan dengan program pemerintah yaitu mewujudkan masyarakat Pasaman yang berimtaq ungkap Putra Negara.
Dalam.kesempatan tersebut, Danrem 032 / Wirbraja Brijen TNI Rayen Obersyl,  mengatakan, Keberhasilan pelaksanaan TMMD adalah berkat dukungan seluruh masyarakat termasuk pihak pihak lain seperti beberapa Bupati dari luar daerah Sumatera Barat.

Dalam hal ini kita berharap, Hasil yang dikerjakan oleh TNI dan pihak terkait dapat bermanfaat bagi msyarakat, dan bahkan dapat dilanjutkan, sehingga pembangunan ini dapat secara berkelanjutan jelas Brigjen TNI Rayen Obersyl.

Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutannya usai acara pokok menyebutkan, Peran TNI selain fungsinya lembaga pertahanan negara, juga turut memberikan andil yang besar bagi pembangunan daerah, seperti halnya yang telah dilaksanakan dalam TMMD ini.

Kita sangat apresiasi terhadap TNI khususnya jajaran Kodim 0305/Pasaman, yang telah dapat membangun fasilitas masyarakat dalam kurun waktu satu bulan, Tinggal lagi bagaimana kita dapat menjaga apa yang telah ada, dan bahkan bisa kita tingakatkan papar Sabar AS.

Visi dan misi kita Pemerintah daerah yaitu untuk mewujudkan Masyarakat Pasaman yang Sejahtera dan bermartabat, yaitu dengan menjalankan 10 program prioritas, yang intinya adalah untuk membangun masyarakat Pasaman secara keseluruhan, tutup Sabar AS.

Pada upacara penutupan TMMD, tersebut juga dilaksanakan penanda tanganan naskah serah terima hasil pelaksanaan TMMD dari Dandim 0305/Pasaman oleh Danrem 032/Wirabraja, Bupati Pasaman Sabar AS, Dandim 0305/Pasaman, yang langsung diserahkan pada Bupati Pasaman.

Selain itu juga diserahkan bantuan rumah yang siap huni, kepada pemilik RTLH kampung setempat, ditambah dengan penyerahan bantuan sembako dari Satgas TMMD kepada masyarakat kurang mampu, dan ditambah dengan kegiatan Bazar murah seterusnya dilanjutkan dengan penanaman beberapa pohon pelindung dan produktif disekitar kegiatan.

Ketua Baznas Pasaman Asnil M kepada awak media mengatakan, Rumah RTLH yang dibantu Baznas Pasaman sebesar 25 juta rupiah, ditambah dengan bantuan sembako sebanyak 20 penerima yang layak menerima, yang besaran perpaket sembako sebesar 400 ribu rupiah.

#red|Karno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835