Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Padang (SUMBAR) -- Universitas Dharma Andalas turut ambil bagian dalam upaya fasilitasi penjajakan kerja sama antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) yang difasilitasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Vokasi Kemendikbudristek. Kegiatan ini diadakan di ruang sidang lantai 2 LLDIKTI Wilayah X dengan tujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah Sumatera Barat dan Jambi,Selasa (11/6/2024) 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah X, Rahmi, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk fasilitasi kerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. “LLDIKTI Wilayah X mengundang pengelola Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari berbagai PTS, termasuk Universitas Dharma Andalas, Universitas Bung Hatta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Universitas Tamansiswa, dan Universitas Sumatera Barat, yang memiliki program studi selaras dengan bidang keterampilan LKP untuk penerimaan mahasiswa jalur RPL,” ujar Rahmi.

Senada dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, mengungkapkan harapannya agar pertemuan tersebut dilanjutkan dengan tindak lanjut konkret antara LKP dan PTS. “Mari tindaklanjuti kesempatan ini dengan melakukan kerja sama sehingga program RPL terimplementasikan dengan baik dan membuka kesempatan lebih luas kepada masyarakat untuk melanjutkan studi,” ucap Afdalisma.

Selanjutnya acara ini juga dihadiri oleh mitra dari Direktorat Khusus dan Pelatihan Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI), dan Forum Penyelenggara Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Tim Pengelola RPL Unidha, yang terdiri dari Ibu Sari Octavera, ST, MM, Kaprodi S1 Manajemen, dan  Dr. Fiko Farlis, SE, MM, Ketua LP3M Unidha serta Dosen Magister Manajemen Unidha, berpartisipasi aktif dalam penjajakan kerja sama. 

Lebih lanjut rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif tersebut, “Kami sangat mendukung upaya kerja sama antara PTS dan LKP  difasilitasi oleh Kemendikbudristek. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan akses dan kualitas mutu pendidikan tinggi melalui program RPL,” ungkap rektor Unidha. 

Dengan adanya fasilitasi kerja sama itu diharapkan Universitas Dharma Andalas dan lembaga-lembaga kursus pelatihan di Sumatera Barat dapat lebih berkolaborasi dalam mengimplementasikan program RPL, memberikan kesempatan belajar yang lebih luas bagi masyarakat, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah.

Terakhir kepala Humas Universitas Dharma Andalas, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., menambahkan, “Partisipasi Unidha dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen kami untuk terus berinovasi dalam memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan berkualitas kepada masyarakat. Kerja sama dengan LKP ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam dunia pendidikan dan pelatihan, katanya. (Zul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835