Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Padang (SUMBAR) -- Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Universitas Dharma Andalas menggelar acara penyembelihan hewan qurban yang dilanjutkan dengan kegiatan makan basamo bersama seluruh civitas akademika. Acara ini dihadiri oleh unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, serta melibatkan masyarakat sekitar Simpang Haru, Padang, Selasa (18/6/2024) 

Kegiatan dimulai dengan prosesi penyembelihan hewan qurban  dilakukan bersama-sama. Dalam suasana kebersamaan, seluruh peserta terlibat aktif dalam proses penyembelihan, pengulitan, hingga pembagian daging qurban. Setelah prosesi penyembelihan selesai, acara dilanjutkan dengan makan basama  diikuti oleh seluruh civitas akademika Universitas Dharma Andalas momen tersebut dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi antara pimpinan, dosen, dan tenaga pendidikan, menciptakan suasana kekeluargaan yang hangat dan akrab. 

Daging qurban yang telah dipotong kemudian dibagikan kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar Simpang Haru, Padang. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi warga sekitar, serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial.

Lebih lanjut Prof. Dr. Herri, SE, MBA, Ketua Yayasan Pendidikan Dharma Andalas (YPDA), menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. “Saya sangat bangga dengan semangat kebersamaan yang ditunjukkan oleh seluruh civitas akademika Universitas Dharma Andalas dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban tersebut itu adalah bentuk dari komitmen kita untuk selalu berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama bagi masyarakat di sekitar kampus,” ujar Prof. Herri. menjadi inspirasi bagi kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang, di mana semangat kebersamaan dan kepedulian sosial terus ditumbuhkan di lingkungan kampus Unidha, ucapnya. 

Kemudian rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, mengatakan, “Kegiatan penyembelihan hewan qurban dan pembagian daging qurban kepada masyarakat adalah bentuk semangat berbagi dan kepedulian sosial Unidha. Kami berharap, kegiatan tersebut dapat mempererat hubungan antara universitas dengan masyarakat sekitar. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bersemangat mensukseskan acara, ujarnya. 

Setelah prosesi penyembelihan, seluruh civitas akademika UNIDHA berkumpul untuk makan basamo. Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk perayaan, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan di antara seluruh unsur di kampus Unidha. 

Wakil Rektor I, Dr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc, menambahkan, “Makan basamo ini adalah tradisi yang mengakar di Unidha, Melalui kegiatan ini, kami memperkuat rasa kebersamaan dan saling mengenal antar anggota civitas akademika.” Hal  senada disampaikan Wakil Rektor II, Dr. Emrizal, SE., MM, juga memberikan pandangan positif, “Acara ini mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan gotong-royong yang selalu kami junjung tinggi di Unidha. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi serta mendukung kegiatan kampus, katanya. 

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., menegaskan, Kegiatan ini tidak hanya sebagai perayaan hari besar keagamaan, tetapi juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekitar kampus. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan membawa manfaat bagi semua pihak setiap tahunnya.

Dengan penyembelihan hewan qurban dan makan basamo, Unidha menunjukkan komitmen untuk terus menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan, serta mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar. Semoga semangat berkurban dan keikhlasan dalam berbagi senantiasa menginspirasi kita semua dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pungkasnya.(Zul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenap wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835