Post Page Advertisement [Top]

 

TMNews | Padang (SUMBAR) -- Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi  membuka secara resmi bimbingan teknis Lembaga Adat angkatan pertama bertempat di Roky Hotel  Senin 8/5/2023 Padang. 

Ia menyampaikan pada peserta rapat Bimtek Lembaga  Adat bahwa kelembagan adat adalah merupakan kultur budaya yang perlu dijaga nilai nilai kearifan lokal perlu di lestarikan oleh ninik mamak pemangku adat kaum disetiap nagari nagari di Minangkabau. 

Selanjutnya  Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dengan semangat para ninik mamak ikatan emosional yang kuat  bagi masyarakat Nagari di Minangkabau adalah sebagai modal kita bersama bahwa lembaga adat adalah merupakan mitra Pemerintah. 
Penguatan Lembaga Adat dan budaya Minangkabau telah diatur dalam Undang undang dasar 1945.

Gubernur megucapkan terimakasih kepada pak Muzli.M.Nur.SPd.dan juga kabiro BPM Sumbar atas perhatian pak Muzli selama ini, banyak kegiatan yg dialokasikan melalui pokir di BPM Sumbar.

Disamping itu Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumbar H.Muzli.Nur.SPd. menyampaikan  kepada undangan yang hadir, seandainya terjadi permasalahan di suatu kaum, Ninik Mamak, harus cepat menyelesaikan permasalahan, jangan sampai penyelesaian tersebut di bawa ke aparat penegak hukum. Artinya permasalahan itu diselesaikan oleh ninik mamak kaumnya, Ujar Muzli.

Terakahir sebagai narasumber  bimtek Lembaga Adat Bupati Pasaman di wakili  oleh Asisten satu administrasi Pemerintahan Teddy Marta  tentang undang undang desa  Nagari. 

Undangan yang hadir dari Ninik Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang Parik Paga dalam Nagari dan tokoh masyarakat Pasaman. (Zul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835