Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasaman (SUMBAR) - Guna peningkatan Kantibmas jelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024, pihak Polres Pasaman gelar Rakor lintas sektoral operasi mantap brata singgalang 2023-2024, dalam rangka Pengamanan Pemilihan umum 2024 diwilayah hukum Polres Pasaman di Gedung Syamsiar Thaib, Senin 09/10/2023.

Rakor lintas sektoral tersebut dihadiri oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama, Kapolres Pasaman Yudho Huntoro. SIK. MIK, Kajari Pasaman, Ketua KPU Pasaman, Ketua Panwaslu Pasaman, Kepala OPD , Instansi, lembaga, melibatkan beberapa unsur terkait, Stock holder terkait, dan pejabat utama Polres Pasaman.
Kapolres Pasaman Yudho Huntoro.SIK MIK Sebelum membuka rakor tersebut,  dalam sambutanya menyebutkan,  Terkait makin dekatnya tahapan pemilu nasional kepada tahapan inti, yang meliputi pendaftaran dan penetapan calon Presiden ,Calon legislatif, dan calon anggota DPD pada pemilu serentak tahun 2024, sesuai dengan penekanan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo yaitu  mengenai pentingnya momen politik ini sebagai pesta Demokrasi terbesar yang diselenggarakan serentak ditahun yang sama.

Dalam hal ini, Polri sebagai pemelihara Kantibmas dan penegak hukum, membutuhkan dukungan seluruh pihak untuk menciptakan rasa aman, mengatasi potensi kerawanan dan memastikan pemilu yang berkualitas.
Untuk nemastikan kondisi kantibmas selama pemilu dan menciptakan pemilu yang jujur dan adil, Polri melaksanakan operasi yang terpusat dengan sandi "Mantap Brata" yang dilaksanakan diseluruh Wilayah Indonesia, dimana kegiatan operasi dilaksanakan selama 222 hari, terhitung mulai Tamggal 19 Oktober 2023.

Dengan adanya rapat kordinasi lintas sektoral ini merupakan bukti, adanya sinergi dan kebersamaan seluruh pihak  untuk menjaga situasi kantibmas yang kondusif di Pasaman  menjelang pemilu serentak ini, ungkap Yudho.

Terkait dari hasil evaluasi operasi Mantap Brata pemilu serentak yang dilaksanakan pada pemilu 2014 -2019 di Kabupaten Pasaman terdapat beberapa permasalahan yang pernah terjadi di wilayah Kabipaten Pasaman diantaranya, ( 1 ) Terjdinya pembakaran bendera partai sebayak 34 lembar, ( 2 ) Terjadinya pemungutan suara ulang di beberapa TPS (tempat pemungutan suara di Wilayah Kabupaten Pasaman ( 3 ) Adanya indikasi politik uang atau money poltik yang terjadi di Wilayah Pasaman.

Untuk itu Kata Kapolres Yudho Huntoro, Perlu adanya pengawasan back campaign dan money politik, serta memperkuat solidaritas dan sinergitas TNI dan Polri, guna mewujudkan pemilu yang aman dan damai.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pasaman H.Benny Utama menyebutkan,  Perlu pemahaman terhadap maksud dan tujuan dari rakor tersebut, dan dalam pelaksanaanya adalah merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.

Selain itu Benny Utama juga menjelaskan adanya pemetaan terhadap di Daerah yang dianggap rawan, dan perlu solusi ataupun antisipasi terhadap kemungkinan terjadi, dalam hal ini tugas kita agar menjaga sesuatu yang tidak kita inginkan akan terjadi.

Dalam pengalaman nya sudah 7 kali ikut pemilu, sejauh ini keamanan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pasaman tetap terjaga dengan baik, dalam hal ini ia menghimbau kepada seluruh ASN Kabupaten Pasaman, agar kiranya tidak terlibat langsung dalam politik praktis.

Dalam kesempatan tersebut, terkait moto Pemilu badunsanak tetap berjalan, yang intinya tidak ada gesekan antara sesama calon maupun pendukung, Kepada seluruh pihak Benny Utama mengajak mari kita jaga Pemilu mendatang tetap kondusif dan aman.

#hp/Karno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835