Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasaman (SUMBAR) - Dihari kedua usai pelaksanaan puncak peringatan hari jadi Kabupaten Pasaman yang ke 78 tanggal 8 Oktober Tahun 2023, di gelar pawai alegoris yang diikuti ribuan siswa-siswi dari berbagai tingkat pendidikan yang ada di ibu kota Kabupaten Pasaman Kecamatan Lubuksikaping, 10 Oktober 2023.

Dalam pelaksanaanya, Pawai alegoris tersebut diikuti oleh, Sekolah setingkat PAUD, TK, MID, Sekolah Dasar, SLTP, MIS dan SLTA, MAN, dari masing masing sekolah tersebut, menampilkan pakaian adat berbagai daerah di Nusantara, tidak hanya itu bahkan ada yang menampilkan pakaian yang menyerupai pahlawan nasional, selain itu juga ditampilkan ragam aneka kendaraan betor yang disulap dengan berbagai ornamen hingga terlihat sangat menarik.
Yang sangat menarik dari pawai alegoris tersebut, meskipun cuaca panas terik tidak menyulutkan semangat kedua orang tua dan termasuk saudara, kaum family untuk mendampingi anak anak tersebut berjalan mengikuti pawai disepanjang jalan kota Lubuk Sikaping, keadaan ini membuat sepanjang jalan rute pawai sampai Gor Tuanku Rao penuh berdesakan.

Disamping itu dengan adanya kegiatan pawai tersebut, ratusan pedagang dari berbagai aneka jenis jualan dan jasa,  ikut menikmati ramainya masyarakat dan peserta yang  berbelanja,  hal ini tentu sngat memberi keuntungan yang cukup lumayan bagi pedagang.
Salah seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namaya mengatakan, Perayaan hari jadi Kabupaten Pasaman kali ini sangat meriah, apalagi ditambah dengan dua hari pelaksanaan Pawai, "  Ini berkah bagi kami, ungkapnya.

Demikian juga dengan pengusaha salon dan rental pakai adat dan nasional juga merasakan efek dari perayaan ini, pasalnya dalam dua hari ini permintaan untuk berhias sangat banyak, bahkan ada yang dari pukul 4 pagi, terang pengusaha salon.

Bupati Pasaman H.Benny Utama didampingi Wakil Bupati Pasaman Sabar.AS, Sekda Pasaman H Mara Ondak, Forkopimda, Ketua TP PKK Pasaman Ny.Susi, Ketua GOW Pasaman Ny Denny Sabar. AS, Ketua DWP Pasaman Ny. Masrida Mara Ondak, Camat, melepas secara resmi pawai Alegoris tersebut, yang ditandai dengan pengibasan bendera start, bertempat di jalan Sudirman depan Kantor Bank Nagari Lubuk Sikaping.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pasaman H. Benny Utama Kari Ibrahim dalam arahanya mengatakan, Dengan adanya pawai alegoris dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasaman ini, nantinya akan bisa memberikan rasa mencintai bagi anak anak terhadap keberagaman bangsa ini, terutama ranah Pasaman yang kita cintai ini.

Di momen hari jadi ini, kita bisa bebenah diri, untuk Pasaman yang maju, sesuai dengan tekat dari visi dan misi Pemerintah Daerah, yaitu mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Diakhir sambutanya, Benny mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan pawai ini, terkhusus bagi Masyarakat Pasaman serta para orang tua wali murid yang ikut mendampingi anak anaknya dalam pawai ini, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih atas dukunganya terhadap peyelengaraan hari jadi Pasaman ini bisa sukses dan berjalan dengan baik.

 #hp/Karno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835