Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasaman (SUMBAR) -- Bupati Pasaman Sabar AS.Mengatakan Selamat Datang  kepada PT Medco Geothermal Sumatera yang dinilai serius melakukan pekerjaan Explorasi Panas Bumi Energi Baru Terbarukan di Bonjol, Kabupaten Pasaman.

"Saya atas nama  Pemerintah kabupaten Pasaman memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih kepada pihak PT. Medco Geotermal Sumatera, ini adalah Investasi besar akan digelontor pihak Investor untuk Masyarakat Bonjol Khususnya dan Kabupaten Pasaman pada umumnya, kata Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. 

Bupati Pasaman Sabar,AS. mengatakan hal itu dalam pertemuan lanjutan rencana investasi panas bumi yang digelar di Kantor Camat Bonjol, Jumat (3/5/2024). 
Ini jadi suatu berkah buat masyarakar, terutama Masyarakat Bonjol Insya'Allah ini jadi satu satu Investasi besar, ini yang baru pertama sukses di Pasaman kami dari Pemerintah Kabupaten Pasaman, sangat mendorong sepenuhnya keseriusan pihak PT. Medco Geotermal Sumatera dalam pengerjaan explorasi akan disegerakan.

Sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan  Pemkab Pasaman tampak hadir dalam pertemuan tersebut. 

Juga tampak hadir anggota DPRD Pasaman, unsur Forkopimca Bonjol, Wali Nagari Se kecamatan Bonjol, ketua KAN, Ninik Mamak se Kecamatan Bonjol,  Ninik mamak dan pemuka masyarat Nagari Ganggo Mudiak. 

Bupati Sabar menunjukkan sejumlah bukti keseriusan PT Medco Geotermal Sumatera seperti melakukan pekerjaan pendahuluan dan eksplotasi serta membangun jalan untuk akses masuk ke lokasi eksplorasi. 

Kendati demikian, Bupati Sabar AS. meminta PT Medco Geotermal Sumatera memaparkan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan terkait dengan kegiatan pendahuluan dan eksplorasi. "Kami juga merasa perlu mendengarkan pemaparan tentang langkah-langkah ke depan yang akan dilakukan PT Medco Geotermal Sumatera ,"ujarnya.

Bupati Pasaman Sabar AS. juga mengatakan, PT Medco Geotermal Sumatera merupakan pihak yang ditunjuk BKPM RI untuk melakukan pekerjaan awal dan eksplorasi untuk mengetahui secara pasti potensi panas bumi yang dikandung di daerah ini. 

"Dari eksplorasi ini diharapkan nanti diketahui apakah potensi panas bumi yang dikandung bumi Pasaman ini layak atau tidak untuk menjadi sumber energi," tambah mantan Wakil Bupati Pasaman tersebut.


Menurut Bupati Sabar,As.tahun ini direncanakan akan dilakukan eksplorasi tambang panas bumi di Bonjol. 

Menarik investasi sebanyak-banyaknya ke Pasaman, merupakan salah satu upaya untuk mempercepat gerak pembangunan Pasaman di semua sektor yang ada.

Dengan banyaknya investasi yang masuk ke Pasaman, menurut mantan Wakil Bupati Pasaman tersebut, akan membuka lapangan kerja baru dan kesempatan berusaha yang luas luasnya bagi masyarakat.

"Secara langsung  akan menjadi salah satu lokomotif untuk menggerakkan mesin ekonomi, yang berimbas terhadap meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi,terutama buat Masyarakat

Diingatkan Bupati Sabar, Pasaman tidak mungkin hanya mengandalkan dana-dana di APBD Pasaman di setiap tahun anggaran untuk melakukan percepatan karena selain nominalnya terbatas, peruntukannya juga sudah jelas.

"Maka kita perlu melakukan langkah dan upaya-upaya agar bagaimana investasi besar bisa masuk ke Pasaman," ujar Sabar, sambil menambahkan pihaknya telah memberi kemudahan-kemudahan untuk masuknya investasi.

Disamping itu Site Manager PT. Medco Geotermal Sumatera Ir. Sigit Widiatmoko, menjelaskan lebih lanjut dihadapan Bupati Pasaman Sabar, AS. Kepala OPD, Camat Bonjol, Wali Nagari , Tokoh Ninik Mamak. Bahwa Tambang Geotermal Energi baru dan terbarukan adalah tambang ramah lingkungan, kami pihak PT. Medco Geotermal Sumatera, untuk tahapan Explorasi kami akan megelontorkan dana sebesar tujuh juta dolar America Serikat. Dengan kapasitas cadangan Energi yang terkandung didalam  perut bumi Bonjol 200 Megawatt, katanya. (Zul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835