Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasbar (SUMBAR) -- Setelah  diresmikanya  sebanyak 22 Kejorongan di Enam nagari. Hal ini dilakukan bagi Nagari yang telah pemekaran nagari dan pemekeran kejorongan, Sebagai langkah awal segerakanlah rapat pansel dan membentuk panitia sehingga pemilihan kepala jorong segera dilakukan. Setelah terpilih nanti, jorong harus bersedia mengayomi masyarakat. Semangat dan niat dalam mengurusi permasalahan dan peningkatan Pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Hamsuardi yang didampingi oleh Wakil Bupati Risnawanto, Anggota DPRD Ali Nasir, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, dan stakeholder terkait saat menghadiri Peresmian Kejorongan Enam Nagari di Kecamatan Kinali, Selasa (2/7) di halaman Kantor Wali Nagari Kinali, Kecamatan Kinali.

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi juga meminta wali nagari untuk memanfaatkan dana nagari dengan memilih kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Lihat potensi yang ada di masyarakat, gali dan kembangkan. Pasbar dihadapkan dengan persoalan inflasi, untuk itu masyarakat diharapkan dapat menyisihkan lahan yang dimiliki untuk menanam tanaman pangan," ujarnya.

Tokoh masyarakat sekaligus anggota DPRD Pasbar, Ali Nasir, juga mengungkapkan bahwa ia dan tokoh masyarakat Kinali siap hadir di tengah masyarakat untuk berkolaborasi agar Pasbar terus maju. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa mimpi masyarakat Kinali satu per satu telah terwujud, termasuk pemekaran nagari dan kejorongan.

"Kita bersyukur cita-cita pemekaran nagari hingga kejorongan di Kinali sudah tercapai. Pemerintah daerah selalu memikirkan dan sigap mengayomi masyarakat. Melalui pemekaran ini, banyak putra-putri Kinali yang mendapatkan peluang kerja. Selain itu, program unggulan berobat gratis oleh bupati dan wakil bupati sangat dirasakan masyarakat Pasbar, khususnya masyarakat Kinali. Program ini harus dilanjutkan," tegasnya.

Adapun Peresmian Kejorongan Enam Nagari di Kecamatan Kinali tersebut adalah Nagari Ampek Koto Barat terbagi menjadi empat Kejorongan yakni Jorong Rambah Ampek Koto Barat (induk), Durian Batu Saiyo, Tambau Air Putih Sepakat, dan Tampunik Padang Rajo Sakato. Nagari Ampek Koto menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Lapau Tempurung, Sungai Paku, dan Kampuang Pisang.

Nagari Kinali menjadi lima kejorongan yakni Jorong Langgam (induk), Langgam Jaya, Kinali, Durian Kilangan, dan Langgam Sejati. Nagari Sigunanti menjadi empat kejorongan yakni Jorong Aia Maruok (induk), Koto Palanduak, Durian Kandang Koto Marapak, dan Bancah Sopan.

Nagari Anam Koto Utara menjadi empat kejorongan yakni Jorong Anam Koto Utara (induk), Koto Batagak, Pilihan, dan Famili. Nagari Bandua Balai menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Bandua Balai (induk), Tanjuang Medan, dan Ujuang Pandang.

Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan sesegera mungkin dan mendapatkan hasil yang baik ungkapnya.

# Nursyamsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835