Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasbar, -- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi, didampingi Wakil Bupati Risnawanto dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasbar Erianto, meresmikan kejorongan tujuh nagari di Kecamatan Luhak Nan Duo, Selasa (2/7) di Aula Kantor Camat setempat. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Hamsuardi serta penyerahan kode register kepada wali nagari didampingi ketua bamus ketujuh nagari.


Tujuh nagari di Kecamatan Luhak Nan Duo yang diresmikan adalah Nagari Sariak menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Sariak, Sariak Utara dan Sariak Selatan. Nagari Koto Baru menjadi empat kejorongan yakni Jorong Simpang Tigo, Simpang Tigo Selatan, Simpang Tigo Timur, Simpang Tigo Durian Tiga Batang. Nagari Mahakarya tiga kejorongan yakni Jorong Suka Maju Mahakarya, Tanjung Sari Mahakarya, Lubuk Badak Mahakarya. 

Sedangkan Nagari Sungai Talang menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Sungai Talang, Sungai Talang Timur dan Padang Belimbing. Nagari Ophir menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Ophir Barat, Ophir Tengah dan Ophir Timur. Nagari Giri Maju menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Giri Maju, Giri Maju Utara dan Giri Maju Selatan. Nagari Jambak Selatan menjadi tiga kejorongan yakni Jorong Jambak Selatan, Jambak Timur dan Jambak Barat.


Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi mengungkapkan bahwa peresmian kejorongan di Kecamatan Luhak Nan Duo adalah yang paling meriah sejauh dilakukannya peresmian kejorongan di Pasbar. Ia berterima kasih atas kekompakan masyarakat setempat dalam mewujudkan Luhak Nan Duo yang lebih baik.

"Acara ini sangat meriah, kami hadir bersama Bapak Wakil Bupati dan Ketua DPRD, Staf Ahli hingga Kepala OPD, sekaligus memberikan dukungan pada masyarakat Luhak Nan Duo," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa peresmian kejorongan adalah upaya Pemda dalam menata pemerintahan. Setelah dimekarkan nagari, kejorongan pun dimekarkan hingga berdampak pada masyarakat. Ia berharap kepala jorong terpilih akan mengurusi kepentingan masyarakatnya.


"Setelah menjadi jorong, rajinlah berkoordinasi dengan wali nagari, camat hingga bupati. Membangun Pasbar tidak bisa dilakukan oleh bupati atau DPRD saja. Jorong ruang lingkupnya luas sebab kesehariannya berurusan langsung dengan masyarakat. Selain itu, jorong wajib mensosialisasikan Program Unggulan Pemda Pasbar seperti Magrib Mengaji, Tahfidz Alquran, Berobat Gratis dan program unggulan lainnya. Terakhir, mohon wali nagari membuat inovasi dalam mengatasi inflasi seperti menanam bawang, cabai dan sayuran serta berternak ayam," tegas Bupati Hamsuardi.


Selain itu, Tokoh Masyarakat Al Fatni Datuak Khadi mengucapkan selamat datang kepada Bupati, Wabup, dan Ketua DPRD Pasbar dalam peresmian kejorongan tujuh nagari di Kecamatan Luhak Nan Duo. Berkat perjuangan bersama, seluruh jorong Nagari persiapan di Nagari Koto Baru berhasil dimekarkan.


"Terima kasih atas partisipasi semua pihak, pemetaan ini adalah upaya peningkatan pelayanan pada semua masyarakat khususnya di Kecamatan Luhak Nan Duo. Semua potensi yang ada di wilayah kita dapat kita perdayakan," ungkapnya.


# Nursyamsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenab wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835